NEWS

KBR Masuk dalam Daftar Verifikasi Dewan Pers

19 Januari 2017
ditulis oleh MLIN

Dewan Pers mulai memverifikasi media massa di Indonesia untuk proses pemberian sertifikasi media serta tanda terdaftar dan diakui sebagai media yang berada dalam naungan lembaga itu.

Verifikasi itu dilakukan sebagai upaya Dewan Pers untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap media, ditengah membanjirnya berita palsu (hoax) dari media 'abal-abal'.

Dewan Pers mulai melakukan verifikasi terhadap 33 media, namun pada tahap pertama diprioritaskan bagi 18 media yang menandatangani Piagam Palembang 2010.

Salah satu media yang diverifikasi pada tahap pertama adalah kantor berita KBR. Tim dari Dewan Pers dipimpin Anggota Kelompok Kerja dan Ratifikasi Media dari Dewan Pers Retno Shanti Ruwyastuti mendatangi kantor redaksi KBR di Jl HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat untuk proses verifikasi itu.

Anggota Kelompok Kerja dan Ratifikasi Media Dewan Pers, R Shanti Ruwyastuti bersama Pemred KBR Citra Dyah Prastuti dan Presiden Direktur PT MLIN Harry Bako saat proses verifikasi.

Tim Pokja Dewan Pers ditemui Pemimpin Redaksi KBR Citra Dyah Prastuti dan Presiden Direktur dan CEO PT MLIN, Harry Bako yang menaungi KBR.

"KBR sebelumnya sudah mengajukan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses verifikasi ini," kata Citra Dyah Prastuti, Rabu (18/1/2017). "Hari ini, Pokja datang untuk melakukan verifikasi, sekaligus menginformasikan sejumlah dokumen lain yang masih harus kita lengkapi," tambah Citra.

Salah satu persyaratan dalam verifikasi media oleh Dewan Pers adalah komitmen media itu terhadap Piagam Palembang 2010. Piagam Palembang merupakan kesepakatan media untuk memenuhi standar perusahaan pers, mematuhi kode etik jurnalistik, perlindungan jurnalis dari kekerasan serta memiliki wartawan yang sudah mengikuti uji kompetensi jurnalistik.

Dewan Pers juga telah membentuk tim Ratifikasi Media untuk menilai perusahaan media, diantaranya kemampuan menggaji karyawan hingga kemampuan modal atau jaminan keberlangsungan hidup media tersebut.

Media yang lolos verifikasi dari Dewan Pers tahun ini akan mendapat tanda, yaitu semacam logo trusted (terpercaya) hingga barcode (kode batang optik) tanggap cepat (Quick Response/QR) yang terhubung langsung dengan basis data Dewan Pers. Untuk media radio dan televisi juga akan diberikan jingle sebagai bukti verifikasi.

Media yang lolos verifikasi Dewan Pers akan diumumkan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2017 di Ambon, Maluku. (Sumber:www.kbr.id )


Penyerahan Buku Saku Wartawan dari Dewan Pers.